Selamat Datang di Website Resmi Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri || Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72 tahun, Indonesia Kerja Bersama, NKRI harga mati... MERDEKA!!!

SIM Layanan Publik


Helpdesk

Monitoring Sistem Helpdesk

SIM GIS

Sistem Informasi Managemen GIS

SIM Konflik Agraria

Sistem Informasi Konflik Agraria

SIM Satpol PP

Sistem Informasi Satpol PP

SIM Batas Antar Daerah

Sistem Informasi Batas Antar Daerah

SIM Analisa Wilayah

Sistem Informasi Analisa Wilayah

SIMPOTDA

Sistem Informasi Potensi Daerah

SIM Pemanfaatan Kawasan dan Pertanahan

Sistem Informasi Pemanfaatan Kawasan dan Pertanahan

Link Terkait


Intranet Ditjen BAK

Website Intranet Ditjen BAK

SAPA

Sarana Pengaduan dan Aspirasi Kemendagri

SATLINMAS

Satuan Perlindungan Masyarakat


Avatar

Sekretariat Direktorat Jenderal BAK Direktorat Dekonsenterasi & Kerjasama Direktorat Wilayah Administrasi & Perbatasan Direktorat Polisi Pamong Praja & LINMAS Direktorat Kawasan & Pertanian Direktorat Pencegahan & Penanggulangan Bencana
Total Pengunjung : 3541861

Berita dari kemendagri


«Back

Mendagri Lantik Plt Irjen Kemendagri Gantikan Tarmizi A Karim

Kamis, 01 September 2016

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Sri Wahyuningsih menjadi pelaksana tugas (Plt) Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggantikan Tarmizi A Karim yang masuk masa pensiun.

Dalam pelantikan tersebut, Tjahjo menyampaikan ada banyak hal yang harus menjadi prioritas Irjen Kemendagri. Salah satunya yakni meningktkan kemampuan Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) hingga ke level 3, dimana targetnya di 2019.

"Saat ini APIP masih di level 1, seharusnya APIP memiliki kapabilitas di level 3, yang mampu mendeteksi adanya penyimpangan, meningkatkan pengawasan secara obyektif dan mampu menilai resiko tata kelola pemerintahan," kata Tjahjo di Kantor Inspektorat Jenderal Kemendagri, Jakarta, Rabu (31/8).

Lebih lanjut, ia juga menegaskan aparatur pengawas harus bisa melakukan fungsi pengawasan secara reguler. Termasuk di dalamnya menjaga aset-aset Kemendagri yang saat ini masih dikuasai pihak lain.

APIP juga diminta menjaga penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Kemendagri untuk mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Atas dasar itu, Plt Irjen, Sri Wahyuningsih harus bisa menahkodai instansinya untuk mencegah penyimpangan keuangan di daerah. Belanja modal, belanja daerah dan biaya konsultasi perlu dimonitor secara menyeluruh.

Irjen sendiri menurut Mendagri telah diperkuat dengan kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan BPK melalui asistensi.

Ke depan, tantangan APIP ini menurut Tjahjo semakin berat, sehingga membutuhkan kerja keras Plt irjen. Khususnya dalam meyakinkan bahwa pemerintah daerah bisa bekerja memberdayakan wilayah kerja masing-masing.

Kemudian, prima dalam pelayanan dan mensejahterakan masyarakat. Termasuk di dalamnya pengawasan area rawan korupsi seperti perencanaan, perjalanan dinas dan pengadaan barang dan jasa.

"Yakinkan daerah memiliki rencana pengendalian korupsi, ini penting sebagai bagian dari Koordinasi, Supervisi dan Pencegahan (Kosubgah) yang kita jalin bersama KPK," tutur Mendagri

 

Sumber :Puspen Kemendagri

Tags :Mendagri Lantik Plt Irjen Kemendagri Gantikan Tarmizi A Karim


Daftar Berita Kemendagri


Aplikasi

E - Office

Sistem Aplikasi Tata Persuratan

E - MONEV Executive

Monitoring Sistem Ditjen BAK Executive

 

Sitemap

Informasi Aplikasi Publikasi Pustaka Database