Home Media Fasilitasi Hibah Luar Negeri Mobil Pemadam Kebakaran

Fasilitasi Hibah Luar Negeri Mobil Pemadam Kebakaran

73
0

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Hibah Daerah, Pemerintah Daerah tidak dapat melaksanakan perjanjian hibah yang bersumber dari luar negeri. Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan sebagai pembina pemadam kebakaran memiliki peran penting dalam proses fasilitasi hibah luar negeri mobil pemadam kebakaran yaitu sebagai executing agency penerimaan hibah mobil pemadam kebakaran dari luar negeri melakukan fasilitasi hibah mobil pemadam kebakaran dari luar negeri yang kemudian diterushibahkan kepada beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia. Hal tersebut sebagai salah satu solusi alternatif pemenuhan sarana prasarana pemadam kebakaran di daerah, mengingat keterbatasan APBD dalam penyediaan sarana prasarana pemadam kebakaran.

“Sejak tahun 2016, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan telah memfasilitasi hibah 90 unit mobil pemadam kebakaran, 1 unit mobil tangki air, 2 unit truk sampah, dan 25 unit mobil ambulans”, ungkap Eko Subowo, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan. Mobil pemadam kebakaran tersebut kemudian langsung diterushibahkan kepada beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia guna mendukung peningkatan pelayanan umum kepada masyarakat dalam penanggulangan kebakaran. Saat ini keseluruhan mobil tersebut telah terdistribusi ke 34 Kab/Kota di Indonesia.

Berdasarkan data Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan per tanggal 17 Oktober 2018, terdapat 122 Pemerintah Daerah yang telah mengajukan permohonan fasilitasi hibah mobil pemadam kebakaran dari luar negeri. Oleh karena itu, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan terus melakukan koordinasi kepada beberapa negara yang mempunyai peluang untuk menjadi donor penyediaan mobil pemadam kebakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here