Beranda Media “SATPOL PP dan SATLINMAS Garda Terdepan Dalam Pengamanan Pemilu 2019”

“SATPOL PP dan SATLINMAS Garda Terdepan Dalam Pengamanan Pemilu 2019”

1624
0

Jakarta, Direktur Satpol PP dan Linmas Kemendagri, Kasatpol pp Provinsi Jawa tengah serta Akademisi  melaksanakan pemaparan secara LIVE dengan tema peran penting SATPOL PP dan LINMAS dalam pemilu 2019, Senin (5/12/2018).

Dalam acara talkshow tersebut oleh Direktur SATPOL PP dan SATLINMAS Kemendagri Arief M.Edie menjelaskan sejarah dari SATPOL PP terbentuk, Sebelum menjadi Satuan Polisi Pamong Praja setelah proklamasi kemerdekaan dimana diawali dengan kondisi yang tidak stabil dan mengancam NKRI, dibentuklah Detasemen Polisi untuk menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat pada tanggal 10 November 1948.

Selain itu, Direktur SATPOL PP dan SATLINMAS Kemendagri, mengatakan bahwa ”SATPOL PP merupakan lembaga yang dibentuk sesuai dengan Undang-undang No 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintahan di daerah yang dijelaskan pada pasal 86 (1) disebutkan, Satpol PP merupakan perangkat wilayah yang melaksanakan tugas dekonsentrasi dan menjalankan tugasnya untuk menciptakan Ketenteraman, Ketertiban dan Keamanan termasuk dalam pelaksanaan pemilu 2019 bersama dengan SATLINMAS yang merupakan garda terdepan dalam pengamanan terhadap pemilukada 2019”.

Kasatpol PP Provinsi Jawa tengah Sinung N. Rachmadi Menjelaskan mengenai kedudukan serta organisasi dan tata kerja SATPOL PP dan LINMAS di daerah Yang diatur dalam Peraturan Dalam Negeri No 40 Tahun 2011.

Di Daerah, SATPOL PP dan SATLINMAS ditetapkan melalui Peraturan Daerah Provinsi dan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota, dengan mengacu kepada  Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 54 Tahun 2011 Tentang Standar Opresional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja.

“Kasatpol pp juga menambahkan akan menerapkan tentang apilkasi SATLINMAS milenial, untuk menambah kedekatan terhadap masyarakat. sehingga membuat masyarakat akan lebih aman dan nyaman”.

Menurut Akademisi Silverius Y. Soeharso menjelaskan bahwa SATPOL PP dan SATLINMAS adalah lembaga yang keberadaanya tertuang dalam Undang-undang, Peraturan Menteri Dalam Negeri, dan Peraturan Pemerintah, sudah dipastikan bahwa keberadanyaa sangat penting dan strategis.

Selain itu Silverius Y. Soeharso mengatakan bahwa “SATPOL PP DAN SATLINMAS posisinya berdekatan langsung dengan masyarakat untuk menjaga ketertiban daerah setempat. Terlebih anggota LINMAS berasal dari struktur organisasi yang mangatur dan mengurus terdekat dengan masayarakat yaitu Desa”.

SATPOL PP dan SATLINMAS merupakan lembaga yang di bentuk atas dasar Undang-undang, dan diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri, Peraturan Pemerintah. Dengan dasar dari Sejarah dari SATPOL PP dan SATLINMAS yang sudah lama terbentuk, serta sesuai dengan amanat Undang-undang dan Peraturan. SATPOL PP dan SATLINMAS merupakan lembaga yang penting dan srategis dalam menjalankan tugas nya untuk menjaga ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.

Dalam pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2019, SATPOL PP dan SATLINMAS mempunyai peran yang penting untuk menjaga ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat.

Dengan Anggota LINMAS yang berasal dari struktur organisasi yang mangatur dan mengurus masyarakat di desa, sehingga dengan adanya SATPOL PP dan SATLINMAS akan membuat pelaksanaan pemilu 2019 menjadi aman, tentram, dan tertib.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here