Home Media RAKERNAS PEMBEKALAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN...

RAKERNAS PEMBEKALAN SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TRANTIBUMLINMAS UNTUK MENDUKUNG PEMILU 2019

445
0

 

Jakarta, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan mengelar Rapat Kerja Nasional Pembekalan Satuan Polisi Pamong Praja Dan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Trantibumlinmas bertempat di Hotel Mercure Convention Centre Ancol (30/01/2019) yang di buka langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, dengan  dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sesmenko Polhukam, dan Wakalemdik Polri.

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, menyampaikan  tujuan Rapat Kerja Nasional ini adalah untuk mengkonsolidasikan penyelenggaraan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di Daerah dalam rangka menghadapi agenda Nasional Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif DPR, DPD, DPRD 2019 agar tercipta kondisi yang aman, tertib, demokratis dalam bingkai NKRI. Suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya kesiapan dari Penyelenggara Pemilu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta kesiapsiagaan dari aparat keamanan dalam mengantisipasi berbagai macam potensi kerawanan Pemilu. Menteri Dalam Negeri juga menegaskan bahwa Kerawanan yang perlu diantisipasi juga terkait Netralitas ASN dan Polri yakni dalam bentuk keberpihakan, intervensi dan intimidasi sebagai Salah satu prinsip dasar dalam penyelenggaraan manajemen ASN adalah netralitas.

Pada agenda Rakernas tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko menyampaikan agar dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif DPR, DPD, DPRD yang akan diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 dapat berjalan dengan baik, aman, dan tentram, untuk itu diharapkan kepada segenap jajaran satuan TNI, Polri, Satpol PP dan Satlinmas dapat bekerjasama secara optimal karena pesta demokrasi tersebut menjadi Kunci Kesuksesaan Kerja Bersama Kita. Mantan panglima TNI ini menjelaskan untuk mewujudkan proyeksi tersebut ada tiga syarat yang mesti dipenuhi. Satpol PP dan Satlinmas bisa ikut berperan dalam upaya mencapai ketiga syarat agar proyeksi Indonesia sebagai pemain ekonomi terwujud. Moeldoko mengatakan Satpol PP dan Satlinmas bisa berperan untuk menjaga stabilitas keamanan yang terus terjaga menjelang pemilu 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here