Home Media Peringatan HUT Damkar,Satpol PP dan Satlinmas Yang Merupakan Garda Terdepan dalam Mensukseskan...

Peringatan HUT Damkar,Satpol PP dan Satlinmas Yang Merupakan Garda Terdepan dalam Mensukseskan Pemilu 2019

133
0

Pekanbaru, bertempat di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai Provinsi Riau, Menteri Dalam Negeri “Tjahjo Kumolo”, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri “Hadi Prabowo”, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan “Eko Subowo”, beserta Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru menghadiri Peringatan HUT Pemadan Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri menyampaikan bahwa Peringatan HUT Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu, namun untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat serta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Disamping itu, Menteri Dalam Negeri mengajak kepada seluruh bangsa Indonesia untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Peran penting dari tugas Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran.

Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman; serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

Mengingat tugas dari Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang sangat vital ini, maka Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jendaral Administrasi Kewilayahan menyelenggarakan peringatan HUT Pemadan Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat pada tanggal 1 Maret 2019 yang dirangkaikan dengan kegiatan pelaksanaan Skill Competition Aparatur Pemadam Kebakaran di Stadion Kaharudin Nasutuion Rumbai yang diikuti oleh 32 perwakilan kabupaten/kota. Adapun jenis perlombaan yang dipertandingkan antara lain Survival, Hose Laying, dan Ladder Pitching dimana pada kegiatan tersebut peraih juara umum adalah Kota Makassar.

  • Kegiatan Survival :
  • Juara 1 Kota makassar dengan total nilai 813
  • Juara 2 Kabupaten Maros dengan total nilai 778
  • Juara 3 Kab badung dgn total nilai 774
  • Kegaiatan Ladder Pitching :
  • Juara 1 Kabupaten Sidrap dengan total nilai 2837
  • Juara 2 Kabupaten Bogor dengan total nilai  2784
  • Juara 3 Kota makassar dengan total nilai 278
  • Kegiatan Hose Layyin :
  • Juara 1 Kabupaten Purwakarta dengan total nilai 1962
  • Juara 2 Kota Semarang dengan total nilai 1947
  • Juara 3 Kabupaten Sidrap dengan total nilai 1945

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here