Home Media Expose Hasil Sidak/Pemantauan Pada Libur Lebaran Tahun 2019

Expose Hasil Sidak/Pemantauan Pada Libur Lebaran Tahun 2019

101
0

Jakarta- Bertempat di Ruang Rapat Abdurrahman Wahid lantai 7, Gedung Ombudsman RI, Jl. HR. Rasuna Said Kav. C-19, Kuningan, Jakarta Selatan, Pada Hari Selasa 18 Juni 2019. Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dalam hal ini diwakilkan Kepala Sub Direktorat Sarana Prasarana dan Informasi Kebakaran bersama para pejabat dari Ombudsman RI, melakukan pertemuan untuk menyampaikan beberapa hasil temuan sidak/pemantauan secara langsung di beberapa unit kerja/instansi penyelenggara selama libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Pada pertemuan tersebut disampaikan bahwa “dalam hal penyelenggaraan Keamanan dan Perlindungan Masyarakat Ombudsman RI melakukan sidak/pemantauan Pemadam Kebakaran pada beberapa Daerah, dengan temuan penting sebagai berikut” Ujar Ketua Ombudsman RI.

Pertama, Terkait Organisasi masih ada beberapa daerah yang struktur organisasi Pemadam Kebakaran masih melekat di OPD Satpol PP yang terjadi pada Kota Samarinda, dan Kabupaten Mamuju.

Kedua, Terkait Sumber Daya Manusia tidak ada pembagian tugas pencegahan, pengendalian, dan penyelamatan sehingga pelaksanaan tugas dan fungsi Pemadam Kebakaran masih belum maksimal yang terjadi pada Kabupaten Bandung, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Wonosobo dan Distrik Japsel,

Ketiga, Terkait sarana dan prasarana masih kekurangan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi dari Pemadam Kebakaran yang terjadi pada Kota Bengkulu Mobil Pemadam Kebakaran sudah tua, Kota Palu Mobil operasional dari 9 unit yang dimiliki hanya 4 yang dapat dioperasikan dan 5 unit yang rusak berat dan beberapa rusak.

Dengan adanya pelaporan temuan sidak/pemantauan yang dilakukan oleh Ombudsman RI ini diharapkan agar dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan Kualitas dari Pemadam Kebakaran dimana dalam hal ini Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan yang melakukan pembinaan langsung terhadap Pemadam Kebakaran sesuai dengan Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Dalam Negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here