Beranda Media Rapat Perumusan Rekomendasi Penyelesaian Segmen Batas Wilayah I

Rapat Perumusan Rekomendasi Penyelesaian Segmen Batas Wilayah I

110
0

Bangka, 8-10 Oktober 2019, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan melalui Direktorat Toponimi dan Batas Daerah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Perumusan Rekomendasi Penyelesaian Segmen Batas Wilayah 1 di Tanjung Pesona Beach Resort, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang dihadiri oleh seluruh pemerintah provinsi di Pulau Sumatera, Provinsi DKI Jakarta, dan Banten, serta beberapa Pemerintah Kabupaten di Pulau Sumatera yang telah selesai seluruh segmen batas daerahnya. Dalam rapat dimaksud, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan, Bapak Drs. Eko Subowo, MBA, berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan menyampaikan perkembangan penegasan batas daerah terkini di lingkup Pulau Sumatera, DKI Jakarta, dan Banten. Untuk batas antar provinsi, dari sejumlah 82 segmen batas antar provinsi, Kementerian Dalam Negeri telah berhasil menyelesaikan seluruh segmen batas provinsi tersebut, dengan capaian 73 segmen telah ditetapkan melalui Permendagri, dan 9 segmen (batas antara Provinsi Sumatera Utara dengan Aceh) dalam proses penerbitan Permendagri. Hal ini adalah suatu capaian yang sangat baik, dan tidak lepas dari kinerja dan sinergitas optimal antara Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Pusat dan Tim PBD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sementara untuk batas antar kabupaten/kota, dari sejumlah 258 segmen batas, telah selesai ditegaskan sejumlah 149 segmen (57,8%), dan sisanya sebanyak 109 segmen (42,2%) masih dalam proses penyelesaian.

Pada kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan juga menyampaikan penghargaan kepada pemerintah provinsi berprestasi di bidang batas antar daerah di lingkup Pulau Sumatera. Penghargaan diberikan untuk 2 kategori, dengan kategori pertama adalah Pemerintah Provinsi Sebagai Fasilitator Batas Daerah Terbaik Se-Pulau Sumatera Tahun 2018-2019, yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang telah menyelesaikan fasilitasi segmen batas daerah terbanyak pada tahun 2018-2019, dan kategori kedua adalah Pemerintah Provinsi Pertama di Pulau Sumatera Yang Telah Menyelesaikan Seluruh Batas Daerah Antar Kabupaten/Kota Dalam Provinsi, yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang telah menyelesaikan seluruh segmen batas kabupaten/kotanya. Selain penghargaan tersebut, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan juga menyampaikan salinan Permendagri tentang batas daerah beserta data spasialnya kepada 12 pemerintah provinsi di Pulau Sumatera, Provinsi DKI Jakarta, dan Banten.

Penyelenggaraan acara ini beserta penyampaian penghargaan diharapkan dapat memotivasi seluruh pemerintah provinsi yang ada dalam penyelenggaraan penegasan batas daerah, yang pada akhirnya dapat berkontribusi terhadap percepatan penyelesaian batas daerah khususnya di wilayah Pulau Sumatera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here