Beranda Paparan Percepatan Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Kabupaten Mangarai Barat,...

Percepatan Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Kabupaten Mangarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

262
0

Jakarta, Selasa (25/2/2020), bertempat di Gedung H Kemendagri telah diselenggarakan Rapat Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah terkait Percepatan Pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo, Kabupaten Mangarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hadir pada pertemuan ini Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan yang diwakili oleh Kasubdit Kawasan Khusus Lingkup II, mewakili Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Antar Negara, dan dihadiri para pejabat dari Kementerian/Lembaga terkait, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Ngada, dan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Agenda ini diselenggarakan sebagai upaya Pemerintah Pusat dalam rangka menyelesaikan permasalahan terkait pengadaan lahan untuk pembagunan Kawasan Otorita Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo-Flores (BOP-LBF) sebagai  pengelola KSPN Labuan Bajo. Hasil dari pertemuan ini disepakati beberapa hal :

  • Terkait dengan lahan usulan APL seluas 38 Ha yang masuk dalam Kawasan Otoritatif BOP-LBF, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat segera membentuk Tim Terpadu untuk mengidentifikasi kepemilikan dan pemanfaatan lahan untuk kepentingan pengembangan pariwisata.
  • Dalam rangka pemenuhan persyaratan Tukar Menukar Kawasan Hutan (TMKH) diperlukan rekomendasi Gubernur Nusa Tenggara Timur untuk lahan pengganti di Kabupaten Ngada, dan dijadikan sebagai salah satu acuan dalam revisi RTRW Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Ngada.
  • Pertimbangan teknis lahan pengganti akan diproses oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diawali dengan survei lapangan oleh Tim Provinsi yang direncanakan pada bulan Maret 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here