Beranda Media Rapat Konsultasi Teknis Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Provinsi...

Rapat Konsultasi Teknis Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Provinsi DKI Jakarta

81
0

Jakarta – Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Sugiarto SE. M.Si, memimpin rapat konsultasi teknis Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) Provinsi DKI Jakarta secara virtual (zoom meeting), Rabu (09/09/2020).

Rapat dimaksud dihadiri oleh pejabat dan staf teknis yang mewakili Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Kementerian Dalam Negeri.

Rapat menyepakati bahwa kewenangan Daerah provinsi untuk mengelola sumber daya alam di laut paling jauh 12 (dua belas) mil laut diukur dari garis pantai ke arah laut lepas dan/atau ke arah perairan kepulauan sesuai UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Bab V Bagian Kesatu Pasal 27 ayat 3. Dalam penarikan garis batas kewenangan pengelolaan di laut, tata cara mengacu Permendagri Nomor 141 Tahun 2017 tentang Penegasan Batas Daerah. Akan tetapi, definisi garis pantai perlu disepakati kembali apakah akan mengacu pada UU No 23 Tahun 2014 dalam Penjelasan UU Pasal 14 Ayat 6 atau UU No 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial Pasal 13 Ayat 3.

Draft Raperda RZWP-3-K DKI Jakarta yang semula mencantumkan batas kewenangan pengelolaan laut 0-2 mil agar disesuaikan menjadi 0-12 mil dan penarikan garisnya turut disesuaikan dengan ketentuan UU No. 23 Tahun 2014 serta Permendagri No 141 Tahun 2017.  Batas laut Provinsi DKI Jakarta akan disinkronkan dengan batas laut provinsi yang berbatasan yaitu Provinsi Banten, Lampung, dan Jawa Barat dalam bentuk yang digambarkan dalam peta batas kewenangan di laut. Selain itu, penyesuaian nama pulau (toponimi) secara keseluruhan sangat diperlukan yang mengacu pada data BIG untuk menghindari perbedaan penamaan pulau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here