Beranda Media Pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU tentang Cipta Kerja Badan Legislasi DPR...

Pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU tentang Cipta Kerja Badan Legislasi DPR RI

24
0

Jakarta – Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama, Ditjen Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri mengikuti secara virtual Rapat Panitia Kerja Pembahasan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU tentang Cipta Kerja Badan Legislasi DPR RI. Rapat dipimpin oleh Ketua Baleg DPR RI Dr. Supratman Andi Agtas, SH., M.H dari Fraksi Gerindra dan dihadiri pula oleh pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kamis (10/09/2020).

Pembahasan rapat telah memasuki lanjutan pembahasan DIM RUU tentang Cipta Kerja terkait materi Bab III Pasal 59 sampai dengan Pasal 66 serta keterkaitannya dengan Undang-Undang Eksisting. Pembahasan rapat menitikberatkan pada masalah transportasi khusunya transportasi udara, masalah di bidang kesehatan khususnya rumah sakit dan masalah pangan. Dalam rapat tersebut dibahas pula tentang masalah perizinan berusaha di bidang-bidang tersebut dan sektor apa saja yang akan didorong dalam rangka penciptaan lapangan kerja.

Dalam Rapat Lanjutan Panja RUU Cipta Kerja bersama dengan pemerintah ini, dibahas beberapa poin penting diantaranya terkait perizinan berusaha di bidang transportasi yang menyangkut kebandarudaraan dan pelayaran. Sementara itu di bidang kesehatan berfokus diantaranya pada masalah penyelenggaran rumah sakit yang klasifikasinya berdasarkan pada kemampuan pelayanan dari masing-masing rumah sakit tersebut.

Sebagian besar DIM yang dibahas adalah DIM yang terkait substansi pasal-pasal pada RUU Cipta Kerja dan dibahas bersama dengan pemerintah terutama dengan Kementerian dan Lembaga yang memiiliki keterkaitan dengan pasal-pasal tersebut. Perubahan terhadap pasal-pasal yang sifatnya redaksional telah dibahas sebelumnya dan nantinya akan dibahas bersama dengan Tim Perumus dan Tim Teknis RUU Cipta Kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here