Beranda Media Webinar Series INDRAJA 2020 Pengembangan Portal Data Mosaik Penginderaan Jauh dan Pemanfaatannya

Webinar Series INDRAJA 2020 Pengembangan Portal Data Mosaik Penginderaan Jauh dan Pemanfaatannya

28
0

Jakarta – Direktur Toponimi dan Batas Daerah Sugiarto, SE, M.Si menghadiri secara daring (virtual) sekaligus menjadi narasumber pada acara Webinar Series Indraja 2020 Ngopi Mantap-1 (Ngobrol dan Tukar Pikiran Manajemen Data Penginderaan Jauh) “Pengembangan Portal Data Mosaik Penginderaan Jauh dan Pemanfaatannya” yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Hadir pula narasumber lain dalam acara tersebut yaitu Peneliti Ahli Muda dari Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Gusti Darma Yudha, S.Kom, M.Eng dan Direktur PT. Bhumi Prasaja Mohammad Adietyarahman S. Ardjo, ST, ME. Acara terbuka untuk umum dan dimoderatori oleh Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, Rabu (14/10/2020).

Sesuai UU Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan, LAPAN merupakan institusi yang diberikan mandat untuk menyediakan data penginderaan jauh serta mengolah dan membangun model-model pengolahannya untuk pemanfaatan data pada berbagai sektor pembangunan. Terhadap data tersebut LAPAN mempunyai kewajiban untuk menyebarluaskan data dan informasi tersebut kepada pengguna termasuk kepada pemerintah daerah. Untuk membantu pemerintah daerah memanfaatkan data tersebut, LAPAN membangun sebuah sistem penginderaan jauh yang terintegrasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Sistem tersebut harus mudah dioperasikan secara online. Maka dikembangkanlah aplikasi SPACeMAP.

SPACeMAP adalah sistem penyajian data penginderaan jauh yang cepat, mudah, aman dan populer. Digunakan untuk monitoring wilayah di provinsi dengan tampilan yang infromatif, interaktif dan user friendly. Melalui SPACeMAP ini user dapat melakukan pemetaan digital yang memanfaatkan jaringan internet sebagai media informasi.

Sebagai salah satu user dari SPACeMAP dalam penegasan batas daerah dan verifikasi pulau, Direktur Toponimi dan Batas Daerah menyampaikan harapannya terkait keberadaan SPACeMAP ini yaitu ketersediaan jenis dan cakupan citra satelit dapat ditingkatkan terutama yang beresolusi tinggi dan sangat tinggi untuk mengimbangi dinamika kewilayahan yang tinggi terutama untuk wilayah perkotaan, perlu adanya sosialisasi pendekatan kepada seluruh stakeholders baik di pusat dan daerah untuk meningkatkan kerjasama pemanfaatan dan kualitas pelayanan pada berbagai pengguna, serta optimalisasi manfaat bagi berbagai bidang, dengan membangun kerjasama dan membuktikan kualitas pelayanan, diharapkan ke depan SPACeMAP menjadi pilihan utama dan solusi terhadap kebutuhan penyediaan citra satelit yang berkualitas, aman, mudah diakses, dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here