Beranda Media Pelibatan Ormas dalam Penanganan COVID-19 di Daerah melalui Swakelola Tipe III

Pelibatan Ormas dalam Penanganan COVID-19 di Daerah melalui Swakelola Tipe III

126
0

Jakarta – Menteri Dalam Negeri telah membuka akses Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk ambil bagian dalam proyek pengadaan barang dan jasa dalam upaya percepatan penanganan COVID-19.

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Safrizal ZA, MSi dalam acara Semidaring SEJAJAR ke-32: Membangun Peta Jalan Kemitraan OMS/LSM dan Pemda Mendayagunakan Swakelola Tipe III untuk Merespons Covid-19 (Selasa, 20 Oktober 2020), mengatakan bahwa melalui SE tersebut, Kemendagri mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk merangkul Ormas termasuk LSM melalui skema Swakelola Tipe lll sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018.

Penanganan COVID-19 di daerah tidak bisa lagi hanya mengandalkan Pemerintah Daerah sebagai pengambil kebijakan, namun juga harus melibatkan masyarakat secara aktif – Mekanisme Swakelola Tipe III merupakan suatu peluang yang prospektif mengingat penanggulangan pandemic COVID-19 memerlukan respon yang cepat dan langsung menjangkau masyarakat.

Dr. Safrizal ZA, MSi menjelaskan, pengadaan barang/jasa yang bisa melibatkan Ormas seperti sosialisasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19; sensus, survei, pengolahan data, perumusan kebijakan publik, dan pengujian laboratorium; serta pengembangan sistem, aplikasi, tata kelola, atau standar mutu kesehatan tertentu.

Untuk mendorong penanganan COVID-19 melalui kemitraan antara Pemda dengan Ormas dengan Swakelola Tipe III, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri akan menentukan beberapa Pemda sebagai daerah piloting dan melakukan asistensi terkait mekanisme dan rincian aktivitas/kegiatan yang akan dikerjasamakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here