Beranda Media Rapat Koordinasi Lanjutan Pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2020

Rapat Koordinasi Lanjutan Pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2020

1072
0

Jakarta – Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri menghadiri secara virtual  Rapat Koordinasi Lanjutan Pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara Tahun 2020. Rapat tersebut dihadiri pula oleh Pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunkasi dan Informatika, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi serta TNI. Adapun Pejabat dari Pemerintah Daerah dihadiri oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Penaja Paser Utara. Rapat ini dipimpin Bapak Safri Burhanuddi Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan  Investasi, RI, Kamis (22/10/2020).

Rapat ini dilaksanakan menindaklanjuti hasil kegiatan peninjauan lapangan calon lokasi pelaksanaan Peringatan hari Nusantara Tahun 2020 pada tanggal 8-9 Oktober 2020. Agenda yang dibahas dalam rapat ini yaitu, persiapan dan usulan kegiatan dari Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (paparan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara). Mendapatkan usulan kegiatan dari TNI AL dan TNI AU, serta diskusi terkait tema, penanggungjawab, waktu dan agenda pelaksanaan.

Hasil rapat tanggal 8 Oktober 2020 di Penajam Paser Utara pada kunjungan lapangan, terdapat masukan terhadap pelaksanaan Hari Nusantara kali ini yang lebih memungkinkan dengan DARING sebagaimana pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan RI dengan menampilkan beragam tayangan rekaman maupun Live terkait tema maupun sub tema HARNUS 2020 dari berbagai Daerah/Lokasi, kegitan ini dilaksanakan agar tidak menimbulkan cluster Covid 19 Baru dan relatif murah biaya pelaksanaannya.

Peringatan Hari Nusantara tahun 2020 ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2020 dimana pada Peringatan Hari Nusantara Kali ini, sesuai dengan yang direncanakan berlokasi di Kabupaten  Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Dimana ada dua tempat yang akan dijadikan tempat acara puncak yaitu, Pantai Sipakario dan Pantai Amal yang menghadap ke Kota Balikpapan adapun tema Peringatan Hari Nusantara Kali ini direncanakan dengan usulan tiga tema yang akan diputuskan di rapat tingkat pimpinan, adapun usulan tema peringatan hari Nusantara Tahun 2020 ini yaitu:

  1. Nusantara Bersatu Menuju Indonesia Maju
  2. Pemberdayaan Potensi Maritim Yang Baik Menuju Indonesia Maju
  3. Penguatan Budaya Bahari Dalam Membnagun Karakter Bangsa Sebagai Pondasi Menuju Indonesia Maju

Untuk memeriahkan acara ini TNI AL akan merencanakan kegiatan antara lain, Parade empat Kapal Perang dengan Sailing Pass Kapal nelayan Lokal, Demo Terjun TAIFIB Marinir (NTC Lokasi), Bakti Sosial denga  pemberian paket Bantuan kepada Masyarakat, dan direncenakan juga akan diadakan berbagai lomba parahu Hias, dayung dan Renang jika memungkinkan. Usulan dari TNI AL terkait Tempat Pelaksanaan adalah di Pantai Amal karena dari sisi mobilitas Kapal Perang yang akan parade lebih memungkinkan, Semua kegaitan tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan dari TNI AU akan melakukan Fly Pass pesawat Temput dengan Formasi Line II

Kemenkominfo yang pada Kegiatan peringatan Hari Nusantara tahun 2020 ini ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana, untuk kelancaran kegiatan Nasional ini akan melakukan Publikasi memalui media massa, dari sisi telekomunikasi akan menyiapkan penguatan jaringan telekominkasi di lokasi acara dengan berkoordinasi dengan para operator yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here