Beranda Media Rapat Bimbingan Teknis Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah bagi...

Rapat Bimbingan Teknis Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah bagi TKKSD di Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari

28
0

Jakarta – Direktorat Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama yang diwakili oleh Dr. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos., M.Si. selaku Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama menghadiri dan memberikan sambutan pada Rapat Bimbingan Teknis Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah bagi TKKSD di Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendarimelalui aplikasi Zoom Meeting. Rapat dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kota Kendari, Kabag Kerja Sama Kabupaten Konawe Selatan, Kepala Seksi Kerja Sama Wilayah II Kemendagri, Cavelle Dove Project Director NSLIC/NSELRED beserta Tim, Bappeda Kab. Konawe Selatan, Bappeda Kota Kendari, TKKSD Kab. Konawe Selatan, dan TKKSD Kota Kendari. Kamis (19/11/2020).

Pemetaan urusan pemerintahan dalam rangka kerja sama daerah ini merupakan amanat dari Pasal 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah Dengan Daerah Lain dan Kerja Sama Daerah Dengan Pihak Ketiga yang menyatakan bahwa Daerah yang menyelenggarakan Kerja Sama Wajib melakukan Identifikasi dan Pemetaan Urusan Pemerintahan yang akan dikerjasamakan berdasarkan potensi dan karakteristik Daerah. Pemetaan ini juga penting dilakukan untuk memastikan obyek dan subyek kerja sama serta aspek lainnya yang dibutuhkan dalam melakukan kerja sama daerah. Kerja sama daerah dimaksud terdiri dari Kerja Sama Daerah dengan Daerah Lain (KSDD) dan Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga (KSDPK). Pemetaan KSDD dan KSDPK ini menjadi tugas dari Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD).

Dalam rangka mendukung Pemerintah untuk dapat melaksanakan pemetaan dimaksud, Proyek NSLIC telah mendukung Kementerian Dalam Negeri, khususnya Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan dalam penyusunan Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah. Pedoman ini telah disosialisasikan pada tanggal 26 Oktober 2020 kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia. Selanjutnya Proyek NLSIC juga telah melakukan sosialisasi lebih lanjut kepada pemerintah daerah, khususnya TKKSD di daerah kerja NSLIC yaitu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara beserta kabupaten/kota di wilayahnya. Hasilnya adalah perlunya bimbingan teknis untuk menerapkan Pedoman Pemetaan dimaksud dengan langkah awal mengambil pilot project di dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, yaitu Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari.

Tujuan kegiatan ini adalah

  1. Meningkatkan kapasitas TKKSD Kabupaten Konawe Selatan dalam memahami Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah.
  2. Membangun komitmen bersama dari TKKSD Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan untuk mengimplementasikan Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah.
  3. Menyusun Rencana Tindak Lanjut untuk melaksanakan pemetaan urusan pemerintahan dalam rangka kerja sama daerah.

Hasil yang diharapkan Bimbingan Teknis ini adalah

  1. Meningkatnya kapasitas TKKSD Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan dalam memahami Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah.
  2. Adanya komitmen bersama dari TKKSD Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan untuk mengimplementasikan Pedoman Pemetaan Urusan Pemerintahan Dalam Rangka Kerja Sama Daerah.
  3. Tersusunnya Rencana Tindak Lanjut terkait tahapan untuk melaksanakan pemetaan urusan pemerintahan dalam rangka kerja sama daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here