Beranda Media Pembahasan Batas Daerah Kota Baubau dengan Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara

Pembahasan Batas Daerah Kota Baubau dengan Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara

74
1

Jakarta – Direktorat Toponimi dan Batas Daerah mengadakan rapat koordinasi pembahasan dan klarifikasi batas daerah Kota Baubau dengan Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara secara virtual (cloudx meeting) dengan Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Pusat dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipimpin langsung oleh DirekturToponimi dan Batas Daerah Sugiarto, SE, M,Si, Kamis (26/11/2020).

Hadir dalam rapat tersebut Kasubag Adm Wilayah dan Pemerintahan setda Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabag Batas Daerah Dittop TNI AD, Surveyor Pemetaan Madya Badan Informasi Geospasial, Kepala Bagian Perundang-Undangan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, dan Fungsional Umum Biro Hukum Kemendagri.


Rapat diadakan dalam rangka pembahasan segmen batas daerah Kota Baubau dengan Kabupaten Buton Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai tindak lanjut berita acara tanggal 26 Oktober 2020.

Melalui pertemuan pada hari ini Tim PBD Pusat bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melakukan analisa penarikan garis batas berdasarkan data dukung yang diberikan oleh Kota Baubau dan Kabupaten Buton Selatan dan menghasilkan alternatif penarikan garis batas antara Kota Baubau dengan Kabupaten Buton Selatan.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara akan melakukan klarifikasi terhadap berita acara tanggal 28 September 2020 yang bertempat di Aula Kantor Walikota Baubau dan akan memfasilitasi pertemuan antara Pemerintah Daerah Kota Baubau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Selatan terkait hasil pertemuan hari ini serta melaporkan hasilnya kepada Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan paling lambat 10 Desember 2020.

(cnu/cnu)

1 KOMENTAR

  1. Kita berharap penetapan tapal batas tersebut jugamengakomodir masukan tokoh masyarakat Kel. Karya Baru dan Bugi Kec. Sorawolio Kota Baubau. Dimana wilayah tersebut harus masuk dlam wilayah Kota Baubau, Karena dalam penetapan batas wilayah dlm UU Pemekaran daerah. Pemda tdk pernah turun lapangan utk melihat kondisi sebenarnya. Dimana wilayah Yang telah ditempati oleh masyarakat Kec. Sorawolio Kota Baubau sejak 1969/1970. Kini diklaim masuk di wilayah administrasi Kab. Buton Selatan..
    Kita berharap Pemerintah mendengar aspirasi masyarakat, tidak berdasarkan pada ego pemerintah, dlm penetapan batas wilayah, guna menjaga kemungkinan2 yang tidak kita inginkan di kemudian hari..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here