Beranda Media Rapat Paripurna Kunci Bersama Tahun 2020

Rapat Paripurna Kunci Bersama Tahun 2020

135
0

Kuningan – Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama yang dalam hal ini diwakili oleh Kasubdit Kerja Sama dan Penyelesaian Perselisihan antar Daerah Dra. Nita Efriliana, M.Dev., Plg, hadir memberikan sambutan sekaligus membuka rapat secara online. Rapat dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Provinsi Jawa Barat, Kepala BAPPELITBANGDA Provinsi Jawa Tengah, Bupati Kuningan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Cirebon, Walikota Cirebon, Bupati Ciamis, Wakil Bupati Cilacap, Bupati Brebes, Sekda Kota Banjar, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Majalengka, Asisten Pemerintahan Kabupaten Pangandaran. Senin (28/12/2020).

Kerja sama daerah merupakan usaha bersama yang dilakukan oleh daerah dengan daerah lain dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik. Selain itu kerja sama daerah juga merupakan sarana untuk lebih memantapkan hubungan dan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lain. Khususnya dalam menyerasikan pembangunan daerah, mensinergikan potensi antardaerah dan/atau dengan pihak ketiga.

Dalam mengatasi permasalahan kesenjangan dalam pembangunan  perbatasan baik dibidang infrastruktur, sosial budaya, ekonomi, dan pelayanan publik, sejak tahun 2011 tepatnya tanggal 6 juni 2011 berawal dari kuningan summit digagas dibentuknya Badan Kerja Sama Antar Daerah (BKAD Kunci Bersama) yang terdiri dari (Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Brebes, Kota Banjar, Kabupaten Majalengka) dengan tujuan untuk membantu daerah dalam bersinergi menangani permasalahan perbatasan dengan langkah-langkah yaitu membangun komitmen yang dapat mensinergikan pembangunan dan pengembangan potensi yang dimiliki daerah masing-masing serta menangani dan menyelesaikan secara bersama-sama permasalahan yang timbul disekitar wilayah perbatasan.

Keberadaan lembaga Badan Kerja Sama Antar Daerah (BKAD Kunci Bersama) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah saat ini telah berubah yang semula berupa badan kerja sama menjadi sekretariat kerja sama antar daerah (setker) yang pada hari ini sudah berusia kurang lebih 9 tahun. Hal ini berkat  adanya pemahaman dan dukungan komitmen dari para kepala daerah se-kunci bersama dalam memfasilitasi keberadaan sekretariat kerja sama untuk meningkatkan fungsi dan perananya sesuai dengan tujuan pembentukannya.

Rapat ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kegiatan setker kunci bersama yang dilaksanakan secara berkala kepada para kepala daerah dalam suatu forum yang terhormat yaitu sidang paripurna sesuai dengan masa bakti periodesasi kepengurusan periode 2017-2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here