OASE KABINET INDONESIA MAJU SALURKAN BANTUAN UNTUK PENGUNGSI ERUPSI GUNUNG LEWOTOBI LAKI-LAKI & BENCANA PUTING BELIUNG

OASE KABINET INDONESIA MAJU SALURKAN BANTUAN UNTUK PENGUNGSI ERUPSI GUNUNG LEWOTOBI LAKI-LAKI & BENCANA PUTING BELIUNG

SHARE

 

Kab. Flores Timur, NTT – Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) menyalurkan sejumlah bantuan bagi pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan korban bencana puting beliung Desa Ilepadung Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Akibat bencana tersebut, BPBD Flores Timur mencatat ada 6.302 jiwa pengungsi yang tersebar di Kecamatan Wulanggitang, Kecamatan Titehena, Kacamatan Demonpagong, Kecamatan Ile Bura, Kecamatan Larantuka, Kecamatan Ile Mandiri, Kecamatan Solor Barat, dan Kabupaten Sikka.

Aksi peduli ini dilaksanakan pada hari Rabu (24/1/2024) sampai dengan Kamis (25/1/2024). Lokasi pertama yang menjadi fokus penyaluran bantuan berlokasi di Posko Pengungsian Boru yaitu SD Kristen Kemiri, dan selanjutnya berpindah ke SMP Wulanggitang, serta ke beberapa pos pengungsian. Penyaluran bantuan tersebut berjalan lancar meskipun dalam kondisi cuaca ektrim berupa hujan dan angin kencang.

 

Tim penyaluran bantuan menitipkan pesan dari Pembina OASE Ibu Iriana Jokowi beserta segenap Anggota OASE kepada pengungsi khususnya ibu dan anak-anak agar tetap terjaga nutrisinya dan mendapatkan susu selama di pengungsian. Adapun total bantuan susu yang diberikan oleh OASE Kabinet Indonesia Maju sebanyak 200 box susu (32.000 sachet) yang didistribusikan ke beberapa lokasi melalui 4 titik posko yaitu Posko Boru di SD Kristen Kemiri, SMP Wulanggitang, Posko Boru di Desa Konga, dan Posko di Desa Bokang.

Selain ke lokasi pengungsian, didistribusikan juga bantuan bahan makanan dan bumbu dapur kepada Dapur Umum di beberapa lokasi di Posko Boru dan Posko Konga. Bantuan yang didistribusikan merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh para pengungsi berupa: telur, ikan, sayuran, kentang, kol, wortel, labu, bawang bombai, ikan teri, bumbu instan, kecap, garam,gula teh dan bumbu dapur