Ditjen Bina Adwil Dukung Peningkatan Kapasitas Satlinmas di Daerah

Ditjen Bina Adwil Dukung Peningkatan Kapasitas Satlinmas di Daerah

SHARE

Jakarta – 17/7/23

Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) di bawah Kementerian Dalalm Negeri (Kemendagri), menggelar giat Rapat Asistensi dan Supervisi Peningkatan Kapasitas Satlinmas di Daerah pada 17 Juli, yang dilaksanakan secara daring. 

(Plh) Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat, Edi Samsudin Nasution, yang hadir dalam rapat menyampaikan harapan dari dilangsungkannya pertemuan online ini guna mendukung pengoptimalan peran aparatur dan anggota Satlinmas dalam mendukung penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum, dan keamanan di masyarakat. 

“Peran dan kehadiran anggota Satlinmas di tengah masyarakat sangat dibutuhkan sebagai perpanjang tangan pemerintah dalam membantu masyarakat dalam menciptakan situasi aman dalam penanggulangan daerah,” ungkap Edi. 

Adapun tugas dan fungsi Satlinmas memang telah tertuang dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat. 

Adapun, Edi juga menonjolkan upaya peningkatan kapasitas anggota Satlinmas, “Peningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota melalui pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan perilaku serta kemampuan anggota Satlinmas,” lengkapnya. 

Hadir pula dalam rapat daring ini, Kasatpol PP Prov, Kabupaten/Kota dan Kabid Linmas Prov, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia-