Tingkatkan Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Penanggulangan Kebakaran, Dirjen Bina Adwil Kukuhkan Relawan Damkar (REDKAR) Kota Bengkulu

Tingkatkan Partisipasi Aktif Masyarakat dalam Penanggulangan Kebakaran, Dirjen Bina Adwil Kukuhkan Relawan Damkar (REDKAR) Kota Bengkulu

SHARE

Bengkulu – 23/08/2023

Sebagai wujud pencegahan penanggulangan kebakaran serta upaya meningkatkan ketangguhan masyarakat terhadap resiko dan bahaya kebakaran. Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, hadir dalam  Pengukuhan 200 orang Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) yang dirangkaikan dengan Pembukaan Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Pemadam I bagi 102 orang aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Kota Bengkulu pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Dalam konteks peningkatan kapasitas aparatur Pemadam Kebakaran, Safrizal juga menekankan pentingnya latihan secara rutin bagi aparatur untuk mebiasakan diri dalam penanganan tugas pemadaman kebakaran dan penyelamatan. 

“Saya berharap pelatihan ini bisa dilakukan secara rutin. Sehingga aparatur Damkar dapat membagikan ilmu dan pengalaman yang sudah didapatkan selama mengikuti Diklat tidak hanya kepada sesama aparatur Damkar tetapi juga kepada rekan-rekan REDKAR yang sudah dibentuk”
 
Safrizal menghimbau kepada Pemerintah Daerah lainnya di Provinsi Bengkulu untuk dapat segera membentuk REDKAR sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 364.1-360 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembinaan Relawan Pemadam Kebakaran, serta mendorong pelaksanaan Diklat Pemadam Kebakaran melalui mekanisme In House Training. Dan Permendagri 86 Tahun 2022 tentang Pendidikan dan Pelatihan bagi Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Daerah.

“Dengan dibentuknya REDKAR serta diberikan pelatihan, nantinya REDKAR memiliki kesempatan yang sama untuk melamar formasi Pejabat Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan pengalaman kerja sesuai dengan yang dipersyaratkan,” terang Safrizal.

"Saya berpesan kepada jajaran Pemerintah Kota Bengkulu untuk memberikan atensi yang lebih dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan kebakaran di daerah, baik dari sisi sarana prasarana, sumber daya aparatur maupun keterlibatan masyarakat dalam bentuk pembinaan REDKAR," tutup Safrizal.