Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran Gelombang II Tahun 2022

Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran Gelombang II Tahun 2022

SHARE

Jakarta – 

Dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan SPM Sub Urusan Kebakaran di Daerah, Ditjen Bina Adwil melalui Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran menyelenggarakan Rapat Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran Gelombang II secara daring dan luring di Hotel Swissbelin Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Acara dihadiri oleh sejumlah peserta dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten/Kota serta OPD lainnya yang membidangi sub urusan kebakaran di daerah yang juga menjadi daerah target SPM tahun anggaran 2022. 

Narasumber pada rapat kali ini antara lain DR. Suwarli, Widyaiswara Utama BPSDM Kemendagri yang membahas tentang Simulasi Teknis Perencanaan dan Simulasi Teknis Penganggaran Penerapan SPM Sub Urusan Kebakaran. 

Selanjutnya Hendi Kurniawan, Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, yang membahas terkait Teknis Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Dokumen dalam Penerapan SPM Sub Urusan Pemadam Kebakaran di Kabupaten Bandung. 

Kemudian Jifvy Magdalena Dina Paomey dari Ditjen Keuangan Daerah, yang membahas tentang Kebijakan Perencanaan dan Anggaran terkait Pemenuhan SPM Sub Urusan Kebakaran. 

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan terutama di tingkat kabupaten/kota harus bersinergi dengan perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah dalam hal mengintegrasikan program/kegiatan sub urusan kebakaran ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran. 

Hal itu dilakukan dalam rangka memenuhi target pencapaian SPM sub urusan kebakaran yang menjadi acuan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran di daerah. 

Adapun dokumen perencanaan pemerintah daerah tersebut meliputi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Sedangkan dokumen perencanaan perangkat daerah dalam bentuk dokumen Renstra dan Renja. 

Kegiatan Rapat Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran ini menjadi ruang diskusi serta menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman peserta daerah dalam hal Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran, sekaligus sarana untuk mensosialisasikan pengaturan tentang SPM sekaligus mekanisme pengintegrasian SPM Sub Bidang Pemadam Kebakaran dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah.