Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran Gelombang III Tahun 2022

Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran Gelombang III Tahun 2022

SHARE

Jakarta – 

Dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan SPM Sub Urusan Kebakaran di daerah, Ditjen Bina Adwil Kemendagri melalui Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran kembali menyelenggarakan Rapat Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran Gelombang III secara daring dan luring di Best Western Plus Hotel Jl. Benyamin Suaeb No 5 Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Selasa, 27 September 2022. 

Acara dibuka langsung oleh Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Drs. Edy Suharmanto, M.Si, dengan dihadiri sejumlah peserta yang berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten/Kota serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang membidangi sub urusan kebakaran di daerah. 

Dalam pembukaan sambutannya, Edy Suharmanto menyampaikan tentang pentingnya sinergi antara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di tingkat provinsi/kabupaten/kota dengan perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah dalam hal pengintegrasian program/kegiatan sub urusan kebakaran ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran. Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ditemukan berbagai macam kendala terkait penyusunan dokumen perencanaan dan anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran. 

Adapun narasumber pada rapat kali ini antara lain DR. Suwarli, Widyaiswara Utama BPSDM Kemendagri yang membahas tentang Simulasi Teknis Perencanaan dan Simulasi Teknis Penganggaran Penerapan SPM Sub Urusan Kebakaran. Selanjutnya Wahyu Wibisono, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta, yang membahas terkait Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Dokumen dalam Penerapan SPM Sub Urusan Pemadam Kebakaran di Kabupaten Purwakarta. serta dari Ditjen Keuangan Daerah Jifvy Magdalena Dina Paomey yang membahas tentang Kebijakan Perencanaan dan Anggaran terkait Pemenuhan SPM Sub Urusan Kebakaran.

Melalui kegiatan Rapat Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran ini, diharapkan dapat menjadi ruang diskusi serta menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman peserta daerah dalam hal Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran, sekaligus sarana untuk mensosialisasikan pengaturan tentang SPM serta mekanisme pengintegrasian SPM Sub Bidang Pemadam Kebakaran dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah.