Direktorat MPBK Kemendagri Gelar Bimtek Layanan Pemadam Kebakaran

SHARE

Jakarta.

Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK), Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan menggelar Bimbingan Teknis Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dengan tema “Strategi Pemadaman dan Penyelamatan bagi Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kategori Keterampilan” di Ballroom Hotel Luminor pada Rabu-Jumat (15-17/9/2021).

Acara bimbingan teknis ini dibuka oleh Direktur MPBK, Drs. Edy Suharmanto, M.Si. Serta diikuti sekurangnya, 40 peserta yang hadir secara tatap muka langsung. Diantaranya perwakilan dari Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Biro Kepegawaian Kemendagri, Pusat Data dan Informasi Kemendagri.

Serta sejumlah Perangkat Daerah yang melaksanakan sub urusan kebakaran, yakni dari Kota Bekasi, Kota Blitar, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kota Yogyakarta, Kota Batu, dan Kota Surabaya dan sebanyak 3150 peserta dari 28 provinsi yang hadir secara virtual melalui Zoom dan Youtube.

Direktur MPBK, Edy Suharmanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan yeknis merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi aparatur pemadam kebakaran. Khususnya, di tengah situasi Pandemi Covid-19.

Bimbingan Teknis Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini, juga menghadirkan sejumlah narasumber atau instruktur yang ahli dalam bidang penanggulangan kebakaran dan penyelamatan. Upaya ini juga dilakukan untuk mengembangkan kompetensi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan, terutama pada jabatan fungsional kategori keterampilan.