Direktur MPBK Apresiasi 32 Peserta Asal Kalsel yang Lulus Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran

Direktur MPBK Apresiasi 32 Peserta Asal Kalsel yang Lulus Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran

SHARE

Jakarta,

Sebanyak 32 Aparatur Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan se-Provinsi Kalimantan Selatan dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Kualifikasi Pemadam I pada 21-26 November 2021. Pendidikan dan pelatihan ini sesuai dengan rekomendasi Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Acara dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Adi Santoso. Ia menyampaikan penekanan, bahwa peningkatan kapasitas aparatur pemadam kebakaran menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk mendukung program pembangunan daerah yang didasarkan pada penguatan peran aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (MPBK), Edy Suharmanto, yang turut memberikan sambutan pembukaan menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang dapat dijadikan role model dalam memaksimalkan peran Pemerintah Provinsi untuk membentuk aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan yang profesional.

"Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, sebagai Instansi Pembina Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di daerah, setiap tahun melaksanakan fasilitasi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur pemadam kebakaran yang dilaksanakan dengan metode inhouse training, dengan bekerja sama dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta untuk pelibatan para instruktur yang telah memiliki sertifikat pelatih di bidang penanggulangan kebakaran dan penyelamatan," kata Edy Suharmanto dalam keterangannya, Jumat (26/11/2021).

Diketahui, para peserta yang dinyatakan lulus berhak untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun para peserta yang dinyatakan lulus terbaik, diantaranya: Terbaik I atas nama Muhammad Budi Firdaus (Damkar Provinsi Kalimantan Selatan), Terbaik II atas nama Yanuar Halifaturrahman (Damkar Kab. Tabalong), dan Terbaik III atas nama GT. Riyandi Hidayat (Damkar Provinsi Kalimantan Selatan).