Ditjen Bina Adwil KORPRI Diharapkan Jadi Motor Penggerak Penanganan Pandemi

Ditjen Bina Adwil KORPRI Diharapkan Jadi Motor Penggerak Penanganan Pandemi

SHARE

Jakarta,

Aparatur Sipil Negara (ASN), sebagai penyelenggara negara, harus terus memiliki integritas, profesionalitas, netral yang didayagunakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada publik. ASN juga harus mampu menjalankan amanah sebagai unsur pemersatu bangsa, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Serta harus terus mampu mengaktualisasikan peran tugas dan fungsinya dalam ruang transformasi digital bagi percepatan reformasi birokrasi dan akselerasi pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Safrizal ZA, M.Si, selaku Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri, dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dengan mengambil tema "ASN Bersatu, Korpri Tumbuh, Indonesia Tangguh," pada Senin (29/11/2021). 

Tema tersebut, kata Safrizal, sebagai wujud pengabdian terhadap cita-cita bangsa dalam mewujudkan tujuan negara sebagaimana yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, juga menjadi momentum kebangkitan untuk keluar dari masa-masa sulit pandemi Covid-19.

"Dengan peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke-50 ini, mengajak seluruh ASN dimanapun berada untuk terus menunjukkan semangat pantang menyerah untuk menjadi motor penggerak bagi masyarakat dalam rangka mengatasi kesulitan-kesulitan sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19 ini," ucapnya.

Safizal yang juga Wakil Ketua Satgas Nasional Penanganan Covid-19 ini berpesan agar setiap anggota Korpri harus berada di garda terdepan dalam reformasi birokrasi. Bahkan, tegas dia, anggota Korpri diharapkan menjadi role model atau contoh bagi masyarakat untuk tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan.

"Panggilan jiwa akan pengabdian ASN kepada bangsa dan negara harus ditunjukkan dalam sikap tindak di ruang lingkup paling mikro sekalipun dengan memberi contoh dan terus mengajak rakyat untuk senantiasa menaati disiplin protokol kesehatan dan mensukseskan program vaksinasi," harapannya.

Lebih jauh, Safizal meminta ASN untuk tetap teguh bekerja memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara di tengah ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi dan perubahan zaman yang makin kompleks.

"Oleh karena itu, tepat pada HUT Ke-50 Tahun Korpri jadikan momentum ini sebagai jembatan untuk mengabdi terhadap kemajuan bangsa Indonesia. Tentunya usia 50 Tahun bukanlah usia muda belia, namun sudah merupakan usia matang sehingga peranan dan aktualisasi ASN harus hadir dalam setiap denyut kehidupan rakyat.
Selamat Ulang Tahun Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia," pungkasnya.

Diketahui, dengan masih mewabahnya pandemi Covid-19, peringatan HUT KORPRI ke-50 tahun 2021 ini berlangsung dengan sangat sederhana. Berbagai kegiatan seremonial dan kemeriahan menyambut HUT KORPRI tersebut dilakukan secara virtual dan tatap muka terbatas. 

Kendati sederhana, anggota KORPRI di Kemendagri, khususnya Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan diajak untuk tetap menjaga semangat pelayanan kepada masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Bahkan, diharapkan untuk mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi di saat sulit pandemi.