Ditjen Bina Adwil Percepat Pelaksanaan Kegiatan dan Realisasi Anggaran Tahun 2021

Ditjen Bina Adwil Percepat Pelaksanaan Kegiatan dan Realisasi Anggaran Tahun 2021

SHARE

Jakarta,

Kepala Biro Perencanaan Kemendagri, Bachril Bakri membuka rapat koordinasi percepatan pelaksanaan anggaran tahun 2021 melalui aplikasi zoom pada Rabu (1/9/2021). Hal ini sesuai arahan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, untuk tetap produktif dan melaksanakan kinerja terbaik, meski dimasa Pandemi.

Hadir dalam rapat Sesditjen Bina Adwil Kemendagri, Indra Gunawan dan Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama, Prabawa Eka Soesanta. 

"Dalam rangka arahan Bapak Menteri, pada pertemuan Senin (30/8/2021), ada beberapa arahan beliau. Diantaranya mengkonsolidasi percepatan kegiatan dan realisasi anggaran," kata Bachril dalam sambutannya.

Bachril menjelaskan juga, bahwa rapat koordinasi ini sangat diperlukan untuk mengetahui program kerja yang telah dilaksanakan selama 8 bulan terakhir termasuk realisasi anggarannya. Karena itu, ia berharap agar setiap Direktorat Jenderal dapat bekerja keras dan effort lebih. Sehingga, realisasi anggaran dapat terserap maksimal dan menimpulkan multiplier effect untuk kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap teman teman dapat menyampaikan kendala dan hambatan yang dihadapi. Termasuk kegiatan Dekonsentrasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat yang ada di 120 Satker daerah. Mohon sampaikan dan saya siap membantu," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sesditjen Bina Adwil Kemendagri, Indra Gunawan memaparkan sejumlah pencapaian program kerja termasuk realisasi anggaran. 

Diantaranya, akselerasi percepatan pelaksanaan dan realisasi anggaran Ditjen Bina Adwil melalui aplikasi E-monev Adwil dengan OM Span dan Monsakti guna perwujudan keterbukaan informasi yang dapat di monitor secara realtime. 

Aplikasi tersebut adalah hasil kerja sama pihaknya, bersama Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan. 

"Ini salah satu solusi percepatan di Bina Adwil yang sudah terealisasi. On going," ucap Indra.