Gelar Bimtek GWPP, Ditjen Adwil Terus Perkuat Pelaksanaan Anggaran Dekonsentrasi TA 2023

Gelar Bimtek GWPP, Ditjen Adwil Terus Perkuat Pelaksanaan Anggaran Dekonsentrasi TA 2023

SHARE

Jakarta, 27/02/2023

Dalam rangka Pelaksanaan Dekonsentrasi GWPP Tahun Anggaran 2023, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan melaksanakan Rapat Bimbingan Teknis Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat Bidang Perencanaan dan Pengawasan mulai hari Kamis hingga Sabtu, 23 - 25 Februari 2023, bertempat di Hotel Grand Orchardz Kemayoran Jakarta.

Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama, Dr. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos., M.Si membuka rapat dengan membahas sifat atribusi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, sebagai perwujudan pembangunan nasional yang berintegritas. 

“Pelimpahan tugas dan wewenang harus sejalan dengan Kebijakan Pemerintah Pusat dan Kebijakan Pemerintah Daerah baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota, sehingga pembangunan dapat terlaksana secara integrasi dan tidak menimbulkan kesenjangan,” ungkap Soesanta. 

Di samping itu, dunia masih dihadapkan dengan berbagai tantangan krisis global, seperti krisis ekonomi dunia, peningkatan harga komoditas, dan suhu politik. Dalam sambutannya, Soesanta menambahkan, “Pemerintah sedang dalam penyusunan strategis pemberdayaan ekonomi domestik yang sangat besar dan peningkatan stabilitas keamanan, sehingga perlu kerja sama multi sektoral untuk menjaga inflasi dan stabilitas keamanan negara”. 

Hadir dalam rapat ini yakni Sekretariat Bersama Pembinaan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat yang terdiri dari Komponen Kementerian Dalam Negeri yaitu Inspektorat Jenderal, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Ditjen Bina Bangda, Badan Nasional Perbatasan Negara dan Tim Sistem. 

Kegiatan rapat Dekonsentrasi GWPP ini bertujuan untuk sinkronisasi dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dan jaminan terlaksananya kegiatan dekonsentrasi, tugas pembantuan dan kerja sama secara efektif, efisien, dan akuntabel, serta antisipasi terhadap lembaga audit pemeriksa terkait tertib administrasi pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan. 

Dalam kegiatan Bimtek ini juga dirumuskan beberapa kesepakatan antara Perangkat Gubernur dan Sekretariat Bersama Pembinaan GWPP meliputi komitmen bersama dalam optimalisasi pelaksanaan tugas dan wewenang GWPP dari sisi kinerja dan realisasi keuangan, dalam rangka mencapai target GWPP Berkinerja Baik berdasarkan Indeks Penilaian Kinerja GWPP. 

Mengakhiri sambutannya, Soesanta menyampaikan upaya menciptakan sinergitas pusat dan daerah, bahwa “Bersama-sama menciptakan iklim pembangunan, stabilitas keamanan yang baik dari pusat hingga daerah, sehingga perekonomian negara dan Trantibumlinmas menjadi lebih baik dalam melawan ekonomi global yang diharapkan berdampak positif kepada masyarakat.”