Jalin Sinergitas dalam Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

Jalin Sinergitas dalam Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

SHARE

Penajam Paser Utara - 

Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bemcana yang digalang oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) harus menjalin sinergitas dengan pihak lain agar program yang dicanangkan dapat berjalan dengan lancar dan  tepat sasaran. 

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang IV Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Pusat, Safriati Safrizal, saat memberikan laporan penyelenggaraan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja IV (Rakornas Pokja IV)  TP PKK, di Titik Nol Ibu Kota Negara Nusantara.

"Jalin sinergitas dalam membangun komitmen dan pemahaman bersama gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana," demikian menurut Safriati pada Kamis (15/9/2022).

Sinergitas perlu dijalin oleh seluruh TP PKK di setiap jenjang, baik dari tingkat nasional maupun hingga tingkat lokal di kabupaten/kota.

Jalinan sinergitas juga harus meliputi semua pihak, dari kementerian/lembaga pemerintah hingga organisasi perangkat daerah, maupun dengan pihak swasta.

"Tidak hanya TP PKK ataupun Pokja IV tapi juga seluruh pihak lain yang bekerja sama," pesan Safriati lebih lanjut dalam sambutannya.

Hal itu tercermin dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan Rakornas Pokja IV TP PKK kali ini, dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Penajam Paser Utara yang bersinergi dengan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, melalui gelaran attaksi simulasi penanganan kebakaran tingkat rumah tangga dan mitigasi bencana.

Kegiatan Rakornas kali ini juga melibatkan pihak swasta dari dunia usaha, melalui dukungan dalam pemberian bantuan kepada masyarakat.

Bantuan berupa 1 set Bed Obgyn, 1 set Alat Instrumen Persalinan, 80 paket bantuan makanan sehat, 1 set Antropometri, 5 set tempat cuci tangan, 50 set Tas Siaga Bencana, 10 tabung APAR dari PT. Servvo Fire Indonesia, serta 300 paket bantuan makanan sehat untuk bayi/balita dan 300 paket bantuan makanan sehat untuk lansia dari Kalbe Nutritional.

Acara yang langsung dibuka oleh Sekretaris Umum Tim Penggerak  PKK Ibu Nani Suhajar Diantoro, dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Penajam Paser Utara Ibu Satryani Sirajudin Hamdan  dan Plt. Bupati Penajam Paser Utara Bapak Ir.H. Hamdan 
Serta Di sela kegiatannya selama berada di Kabupaten Penajam Paser Utara, Ketua Bidang IV TP PKK juga menyempatkan diri bersama rombongan melakukan kunjungan ke salah satu posyandu desa mandiri yang tergolong sukses dengan keberhasilan program UP2K-nya (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) dan mampu menekan angka stunting, yaitu Posyandu Bougenvil, Desa Sukaraja, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.