Kenalkan Aplikasi SIM Linmas, Ditjen Bina Adwil Permudah Layanan Linmas kepada Masyarakat Kelompok Rentan



Logo Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan

Informasi:
Selamat Datang di Website Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri dan Selamat HUT ke-80 Republik Indonesia. Teruslah berkibar, Merah Putih, sebagai simbol perjuangan dan kebanggaan seluruh rakyat. Dirgahayu Republik Indonesia! Semoga semangat kemerdekaan selalu menginspirasi kita untuk membangun negeri yang adil, makmur, dan berdaya saing. || Telah terbit Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2021: Batas Daerah Kabupaten Maybrat Dengan Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat. Klik di sini untuk melihat selengkapnya || Berita Terbaru Kemendagri: Pecah Penuh Tawa! Safrizal ZA Buka Kompetisi Stand Up Comedy Kemendagri dengan Meriah | Buktikan Komitmen Layani Masyarakat, Safrizal ZA Terima Penghargaan dari The Aceh Post || Ingin menyampaikan pertanyaan, kritik, atau saran? Silakan isi formulir kami di https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/form

Kenalkan Aplikasi SIM Linmas, Ditjen Bina Adwil Permudah Layanan Linmas kepada Masyarakat Kelompok Rentan

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan menyelenggarakan Workshop dengan tema penggunaan Aplikasi SIM LINMAS dalam Memberikan Layanan kepada Masyarakat Kelompok Rentan pada Selasa (15/4/2025). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan layanan pelindungan masyarakat khususnya masyarakat kelompok rentan dan menjawab tantangan era digital. 

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Indra Gunawan, didampingi Fadly Elwa Purwansyah selaku Kasubdit Linmas. Indra menyampaikan apresiasi kepada Ford Foundation melalui Plan C Institute telah mendukung pengembangan Aplikasi SIM LINMAS.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ford Foundation yang telah mendukung pengembangan Aplikasi SIM LINMAS melalui Plan C Institute sehingga bisa diperkenalkan dan dipergunakan oleh Pemerintah Daerah khususnya bagi anggota Satlinmas dan aparatur linmas dalam mendukung urusan wajib pelayanan dasar Trantibumlinmas di Daerah,” tuturnya.

Dukungan dan Kolaborasi Satlinmas dalam mendukung program Posyandu di Desa/Kelurahan, Digitalisasi dalam mendukung Kinerja Pelayanan Masyarakat melalui SIM LINMAS dan simulasi bersama secara onsite dan online terkait pemanfaatan Aplikasi SIM LINMAS khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kelompok rentan menjadi fokus utama pembahasan workshop ini. 

Pembaharuan dan pemulihan SIM LINMAS dikenalkan sebagai aplikasi berbasis dashboard web dan mobile yang memungkinkan pendataan personel Satlinmas secara digital, pelaporan kegiatan secara real-time, serta penyajian hasil monitoring dan evaluasi yang terintegrasi dengan sistem informasi nasional. 

Direktur Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat, Bernhard E. Rondonuwu menyampaikan bahwa Satlinmas memiliki peran relevan dalam membantu pelayanan public kepada masyarakat. “Satlinmas itu perannya sangat penting dan menjadi kunci keberhasilan pelayanan publik. Pentingnya penyelenggaraan Trantibumlinmas sebagai salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh Pemerintah, baik pusat maupun daerah,” pungkas Benhard.

Melalui aplikasi SIM Linmas, Satlinmas diharapkan mampu melakukan pendataan yang akurat serta menyampaikan informasi layanan dasar secara lebih cepat dan tepat sasaran. Ini merupakan wujud nyata kehadiran negara dalam menjamin hak-hak dasar warga negara, terutama yang berada dalam kondisi rentan. Kegiatan ini turut mengundang peserta mulai dari Kasatpol PP, Kabid Linmas, Kepala Desa/Lurah serta anggota Satlinmas se-Indonesia, dan dilakukan secara hybrid, 58  hadir langsung dan lebih dari 1000 peserta hadir secara online melalui kanal zoom dan youtube.

Call Center 168

Selamat Datang di Kemendagri Adwil Call Center
Silakan isi formulir di bawah ini untuk memulai obrolan