Kerahkan Pol PP dan Linmas Dalam Penyelenggaraan Pemilukada 2024

Kerahkan Pol PP dan Linmas Dalam Penyelenggaraan Pemilukada 2024

SHARE

Jakarta – 28/7/23

Dalam membangun koordinasi yang baik antar anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada 2024 nanti, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) menggelar Rapat Asistensi Kesiapan Satgas Linmas dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Direktur Polisi Pamong Praja dan Linmas, Ditjen Bina Adwil, (Plh) Edy Samsudin Nasution memberi sambutan sekaligus secara resmi membuka rapat yang diselenggarakan di Hotel Orchardz Jayakarta, Jakarta pada 27 Juli.

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada, seperti melakukan koordinasi atau sinergitas dengan antar instansi (Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah), khususnya dalam penyelenggaraan linmas dalam pemilu,” ungkap Edy. 

Dalam melancarkan sinergitas tersebut, Satgas Linmas membantu Satpol PP dalam melakukan pembinaan kepada anggota Satlinmas.

“Saya menyampaikan data daerah sesuai SK,sebanyak 13 Provinsi, 34 Kabupaten, 11 Kota, dan  7 Kecamatan, yang jumlahnya masih dari total daerah otonom,” tambah Edy. 

Hadir peserta secara luring dan daring yakni diantaranya Pemerintah Pusat, Kasatpol PP, Kabid Linmas Provinsi/Kabupaten/Kota, Kementerian Dalam Negeri. Serta, narasumber rapat datang dari Kasubdit Perencanaan Anggaran Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah, Kepala Biro Perencanaan KPU RI, dan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bawaslu. 

“Saya berharap daerah segera membentuk Satgas Linmas sebelum terselenggaranya Pemilu dan Pilkada 2024,” tutup Edy.