Kerja Sama Pariwisata Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi

Kerja Sama Pariwisata Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi

SHARE

Jakarta – 

Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan mengadakan Rapat Asistensi Inisiasi Kesepakatan Kerja Sama Daerah dalam rangka Mendorong Pertumbuhan Ekonomi sesuai Potensi Daerah yang bertempat di Hotel Asyana. (8/9/2022) 

Kegiatan bertujuan untuk mempertemukan daerah-daerah yang berada di sekitar Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur agar dapat saling bertukar informasi dan mendorong kerja sama di kawasan tersebut. 

Rapat dibuka oleh Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan, dan Kerja Sama, Bapak Dr. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos, M.Si.

Dalam kegiatan ini mengundang pejabat yang membidangi kerja sama dan kepala dinas pariwisata yang berada di sekitar DPSP Borobudur. 

Dalam kesempatan ini narasumber yang hadir berasal dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB) dan Universitas Nasional.

Beberapa hal yang menjadi pembahasan dalam rapat antara lain:
1. optimalisasi event di DPSP Borubudur. 
2. Program dan kegiatan pariwisata di kawasan Borobudur belum saling terintegrasi antar provinsi, kabupaten dan kota. 
3. Pemberdayaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia menjadi hal yang prioritas disamping pembangunan sarana dan prasarana. 

Dalam akhir pemaparannya, Dosen Universitas Nasional, Dr. Ahmad Muksin mengatakan, "Prinsip dasar kerja sama adalah Mutual Arrangement atau saling menuntungkan".