Konsepsikan ADA, Dirjen Bina Adwil Tekankan Peran GWPP Kendalikan Inflasi Daerah

Konsepsikan ADA, Dirjen Bina Adwil Tekankan Peran GWPP Kendalikan Inflasi Daerah

SHARE

Makasar 

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Rakor Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat Tahun 2022, senin 22 Agustus 2022 bertempat di Phinisi, Claro Hotel, Makasar.

Acara yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Bappeda, Kepala Inspektorat, Kepala DPMPTSP beserta segenap jajaran Setda Provinsi Sulawesi Selatan ini dibuka secara langsung oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Safrizal ZA.

Dalam arahannya, Dirjen Bina Adwil menyampaikan bahwa Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat memainkan peran penting dalam menekan inflasi didaerah, termasuk mengkonsolidasikan Bupati/Walikota dalam menjamin ketersediaan dan menjaga stabilitas serta rantai distribusi bahan pokok bagi masyarakat.

"Gubernur Wakil Pemerintah Pusat atau GWPP perlu mengadaptasikan skema ADA singkatan dari Availability yakni ketersediaan bahan pokok , Distribution  terkait dan menjaga rantai pasok baham pokok serta Affordability yaitu memastikan keterjangkauan harga di tingkat masyarakat dalam koridor pengendalian inflasi daerah", tegas Safrizal.

Paralel dengan hal tersebut, peranan GWPP harus diarahkan untuk memperkuat Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi yang dipimpin Gubernur serta mengkonsolidasikan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten/Kota yang dipimpin Bupati/Walikota.

"Di era transisi pandemi saat ini, peran TIPD sangat dibutuhkan untuk mempercepat agenda pemulihan ekonomi yang secara simetris sebangun didorong melalui pelaksanaan kewenangan GWPP", sambung Safrizal. 

Pada Kesempatan ini pula, Dirjen Bina Adwil menyampaikan terbitnya PP Nomor 19 Tahun 2021 tentang Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan sebagai pelengkap pengaturan mekanisme Dekonsentrasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat.

"Dengan terbitnya PP tersebut, maka basis regulasi semakin jelas dan dapat secara masif segera diimplemantasikan di lapangan, khususnya untuk mendudukan dan mendorong peran strategis GWPP di Provinsi Sulawesi Selatan ini", pungkas Safrizal.