Kunjungi TP PKK Provinsi Kalsel, DWP Ditjen Bina Adwil Kemendagri Bantu Promosikan Produk Lokal

SHARE

Banjarmasin - Jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP) Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan (Ditjen Bina Adwil) Kemendagri melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (22/03/2021) kemarin. Pada kunjungan hari pertama, jajaran DWP Bina Adwil Kemendagri langsung disambut oleh penjabat Ketua TP PKK Kalimantan Selatan, Safriati Safrizal.

Acara ramah tamah ini menjadi bagian dari kunjungan kerja yang direncanakan akan berlangsung dari tanggal 22-24 Maret 2021. Dalam acara ramah tamah yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat itu, Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Safriati Safrizal memperkenalkan Sasirangan, kain khas penduduk lokal Kalsel.

“Selain potensi keindahan alam yang luar biasa, Kalsel juga menyimpan keindahan dan kekayaan budaya, salah satunya Sasirangan. Ini adalah kain kebesaran dan kearifan penduduk lokal,” ujarnya.

Rencananya, Safriati akan mengajak DWP Ditjen Bina Adwil Kemendagri untuk melihat langsung bagaimana kain Sasirangan dan kerajinan dari eceng gondok diproduksi. Hal ini sebagai salah satu bagian dari memperkenalkan sekaligus mempopulerkan produk-produk lokal ke wisatawan.

Safriati mengatakan selama ini TP PKK Kalsel terus mempromosikan produk hasil kerajinan kebudayaan Kalsel seperti sasirangan. Salah satunya dengan menggelar acara fashion show atau pagelaran busana. Busana yang dipamerkan seluruhnya berasal dari kain Sasirangan. “Tentunya dengan gaya modern,” kata Safriati.

Selain mengunjungi tempat produksi Sasirangan, TP PKK Prov. Kalsel juga mengajak rombongan DWP Ditjen Bina Adwil Kemendagri untuk mengunjungi salah satu ikon dari Kalsel, pasar terapung di Lok Baintan. “Pasar Terapung ini memang asalnya dan paling orisinil yang berada di Kalsel. Belum ada tempat lain yang menyamainya,” ujar Sekretaris TP PKK Kalsel, Hj. Juairiyah.

Sekretaris DWP Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Merry Indra Gunawan menyatakan jajarannya sangat terhormat atas sambutan hangat, ramah dan meriah dari TP PKK Prov. Kalsel yang dipimpin langsung ibu Pj Gubernur Kalsel, Safriati Safrizal.