Peringati HUT RI Ke 79 dan HUT Kemendagri, Ditjen Bina Adwil Wujudkan Kegiatan Bazar Semarak Kemerdekaan

Peringati HUT RI Ke 79 dan HUT Kemendagri, Ditjen Bina Adwil Wujudkan Kegiatan Bazar Semarak Kemerdekaan

SHARE

Jakarta - Dalam rangka Peringatan HUT ke -79 RI dan HUT ke -79  Kemendagri, dilaksanakan rangkaian Kegiatan Bazar Semarak Kemerdekaan, menyajikan produk UMKM ASN Kemendagri di Kompleks Pemdes di kawasan Pasar Minggu, Jakarta.

"Bazar Semarak Kemerdekaan menjadi sarana pendukung untuk memperkenalkan dan mempromosikan inovasi UMKM kepada masyarakat, menggerakkan roda perekonomian serta pemberdayaan UMKM, Kegiatan Bazar ini berkolaborasi dengan Koperasi TP PKK Pusat, DWP, KORPRI Kemendagri, ASN lingkup Kemendagri dan BNPP,  serta layanan kependudukan, menjadi momen bersama untuk menyemarakkan HUT RI dan Kemendagri". Pembukaan Bazar Semarak Kemerdekaan oleh Plt Ketua Antar Waktu  DWP Kemendagri  Ny. Niken Tomsi Tohir bertempat  di Aula Pemdes Kemendagri, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Niken menyebutkan ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju' mencerminkan tekad rakyat untuk mengarungi perjalanan menuju masa depan yang lebih gemilang dengan memanfaatkan kekayaan dan keragaman yang dimiliki negeri tercinta ini. Disebutkan Indonesia memiliki peluang  besar untuk mencapai visi Indonesia Maju di tahun 2045 dengan memanfaatkan bonus demografi yang perlu didukung dengan keunggulan sumber daya manusia dan mendorong inovasi di berbagai sektor termasuk UMKM."Kita butuh UMKM yang inovatif dan trendi tanpa meninggalkan ciri khas budaya kita," ajak Niken di depan ratusan peserta.

Setelah pembukaan dilanjutkan mengunjungi stand UMKM yang menampilkan kuliner, fashion, dan lain-lain.

Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan diberikan kepercayaan sebagai Ketua Panitia Penanggungjawab  Bazar Tahun 2024, Mey Rany Wahida Utami, S.STP, M.M menyatakan  bazar diadakan pada19- 21 Agustus di Lapangan Parkir Kantor TP. PKK Pusat Ditjen Bina Pemerintahan Desa. Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan produk-produk UMKM binaan DWP masingmasing komponen dan UMKM masyarakat sekitar yang dirangkaikan dengan sesi talkshow edukasi kesehatan dan kecantikan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, serta layanan kependudukan oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang terbuka untuk untuk umum.

"Peserta kegiatan bazar berjumlah 50 tenants terdiri atas keikutsertaan Koperasi TP. PKK Pusat, 14 tenants binaan DWP lingkup Kementerian Dalam Negeri, 4 tenants sponsorship dan 31 tenants UMKM dari berbagai bidang usaha," ungkap Mey dari Ditjen Bina Adwil Kemendagri.

Mey Rany menjelaskan acara ini terselenggara atas kolaborasi bersama dengan Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, KOPRI Kemendagri Ditjen Bina Pemerintahan Desa, dan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil , KORPRI Kemendagri dengan tagline “Bahagia Bareng KORPRI Kemendagri" serta didukung oleh Pegadaian, Lucent Aesthetics dan Dermatology, Bank BNI, Kompas Gramedia, dan PT. MBM.

Selama pelaksanaan bazar, dirangkaikan juga dengan Layanan Perekaman, Pencetakan KTP Elektronik dan Aktivasi IKD oleh Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang terbuka untuk umum.

"Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan talk show edukasi kesehatan dan kecantikan bertajuk ‘Cantik, Sehat, dan Bugar’  oleh dr. Lula Kamal, M.Sc. serta ‘Pentingnya Perawatan Tubuh dan Kulit’ oleh Dr. Lidya Barasjid, Dipl.AAAM, M.M." pungkas Mey.