Upaya Menyejahterakan Ekonomi Masyarakat Nias Utara Oleh Calon Penerima Tanda Jasa Wira Karya Bidang Kelautan

Upaya Menyejahterakan Ekonomi Masyarakat Nias Utara Oleh Calon Penerima Tanda Jasa Wira Karya Bidang Kelautan

SHARE

Nias Utara, Sumatera Utara,

Dalam rangka pelaksanaan seleksi calon penerima Tanda Jasa Wira Karya Bidang Kelautan, Ditjen Adwil (Dit. Waskoban) bersama dengan SETMILPRES dan KKP melakukan verifikasi ke Kabupaten Nias Utara. Tim verifikasi diterima oleh Wakil Bupati Nias Utara, Bapak Yusman Zaki, dalam sambutannya beliau berharap melalui penganugerahan Tanda Jasa Wirakarya bidang kelautan ini dapat memotivasi aparat maupun masyarakat Nias Utara dalam berinovasi  mengelola hasil laut sebagai komoditi unggulan dan modal pembangunan yang berkelanjutan sebagaimana himbauan Presiden Jokowi pada saat berkunjung ke Nias.  

Sebagai calon penerima Tanda Kehormatan Wirakarya Bidang Kelautan, Kadis Perikanan Kabupaten Nias Utara, Sabar Jaya Telaumbanua, S.Pi, M.Si, menyampaikan beberapa keberhasilan yang telah dicapai yaitu mampu meningkatkan produksi perikanan yang signifikan melalui penerapan teknologi GPS dan Fish Finder bagi nelayan, menumbuhkan pengembangan ekowisata berbasis konservasi dan meningkatkan nilai produksi untuk pemasaran hasil perikanan, sehingga ekonomi masyarakat pesisir di Kabupaten Nias Utara menjadi maju sejahtera dan berkelanjutan.

Selanjutnya, tim verifikasi juga mengunjungi dan berdialog dengan masyarakat yang mendapat penguatan dari program yang diinisiasi Kadis Perikanan Nias Utara (Koperasi Bintang Harapan, Desa pengelola hasil laut/Desa Balefadorotuho dan kelompok konservasi Koalisi Bahari Turelotu) untuk melihat capaian yang telah terjadi di wilayah tersebut.