Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub urusan Kebakaran

Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub urusan Kebakaran

SHARE

Jumat, 22 April 2022, 

Dalam rangka optimalisasi penyelenggaraan SPM Sub Urusan Kebakaran di Daerah, Ditjen Bina Adwil melalui Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran menyelenggarakan Rapat Asistensi Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran secara daring dan luring di Hotel Best Western Plus Kemayoran, Jl. Benyamin Sueb No. 5 Jakarta Pusat.

Acara dilaksanakan oleh Subdirektorat Sarana Prasarana dan Informasi Kebakaran dengan dihadiri sejumlah peserta yang berasal dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten/Kota serta OPD lainnya yang membidangi sub urusan kebakaran di daerah.

Dalam rapat tersebut ditekankan  pentingnya peran pemerintah daerah untuk memprioritaskan anggaran dalam pelaksanaan SPM Sub Urusan Kebakaran.

Selanjutnya juga ditekankan kembali untuk mendorong Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan terutama di tingkat kabupaten/kota untuk bersinergi secara aktif dengan perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah dalam hal pengintegrasian SPM Sub Urusan Kebakaran ke dalam dokumen perencanaan pemerintah daerah sehingga dapat menjamin tersedianya alokasi anggaran dalam APBD sebagai dokumen anggaran daerah.

Adapun narasumber pada rapat kali ini antara lain Ir. Rudy Soeprihadi Prawiradinata, Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas yang membahas tentang Strategi Pemenuhan Sarana Prasarana Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Daerah untuk Mendukung Pencapaian Target SPM Pemadam Kebakaran. Selanjutnya adalah Prof. Ir. Yulianto Sulistyo Nugroho, M.Sc., Ph.D., Fire Safety Engineering Research Group Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia, yang membahas terkait Perumusan Rencana Induk Sistem Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (RISPKP).

Kemudian dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bandung, Hendi Kurniawan yang membahas tentang Simulasi Teknis Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Dokumen dalam Penerapan SPM Urusan Pemadam Kebakaran, serta dari Ditjen Keuangan Daerah Fernando Siagian yang membahas tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Melalui pelaksanaan rapat asistensi penyusunan dokumen perencanaan dan anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta daerah dalam hal Penyusunan Dokumen Perencanaan dan Anggaran SPM Sub Urusan Kebakaran serta menjadi sarana untuk mensosialisasikan pengaturan tentang SPM sekaligus mekanisme pengintegrasian SPM Sub Bidang Pemadam Kebakaran dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah.