Direktorat MPBK Kembali Gelar Bimtek Layanan Pemadam Kebakaran Kategori Keahlian

SHARE

Jakarta, 

Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri menggelar Bimbingan Teknis Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dengan tema “Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran bagi Jabatan Kategori Keahlian” di Ballroom Hotel Luminor Jakarta pada Rabu-Jumat (22-24/9/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh Drs. Edy Suharmanto, M.Si, selaku Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. Serta dihadiri 40 orang peserta secara tatap muka dari berbagai perwakilan.

Diantaranya perwakilan dari Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri, Pusat Data dan Informasi Kemendagri.

Serta sejumlah perwakilan Perangkat Daerah yang melaksanakan sub urusan kebakaran dan penyelamatan, yakni Kabupaten Bandung, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Magelang, Kabupaten Sukabumi, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar, Kota Bekasi, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

Direktur MPBK, Edy Suharmanto, mengapresiasi diadakannya kegiatan ini. Mengingat, tingginya antusiasme aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis ini. Terhitung, sebanyak 5.565 peserta yang terdaftar dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan live streaming Youtube. 

Edy mengatakan besarnya atensi dan minat aparatur damkar dan penyelamatan dalam meningkatkan profesionalisme diri, menjadi perhatian khusus bagi Direktorat MPBK, selaku pembina teknis pemadam kebakaran di daerah. Ia menegaskan akan terus meningkatkan peran Kementerian Dalam Negeri dalam mendukung upaya pemberian pelayanan damkar dan penyelamatan yang baik.

"Kegiatan Bimbingan Teknis ini juga merupakan momentum bagi Kementerian Dalam Negeri dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah, khususnya di tengah Pandemi Covid-19," kata Edy dalam sambutannya.

Untuk diketahui, kegiatan Bimtek Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dengan tema Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran ini, tidak terlepas dari rangkaian kegiatan Bimtek, sebelumnya yang terlaksana pada 15-17 September 2021.

Bimtek pertama tersebut berfokus pada strategi operasional pemadaman dan penyelamatan yang diperuntukkan bagi pemadam kebakaran kategori keterampilan. Sementara, pada Bimtek kedua ini berfokus dalam upaya pencegahan yang menjadi suatu bagian penting dari upaya pengurangan risiko kebakaran di daerah.

”Diharapkan seluruh aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini, sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan profesionalisme diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Satria Biru di daerah," pungkasnya.