Ditjen Bina Adwil Evaluasi Capaian dan Realisasi Anggaran Semester I 2024

Ditjen Bina Adwil Evaluasi Capaian dan Realisasi Anggaran Semester I 2024

SHARE

Jakarta - Konsolidasi untuk validasi dan sinkronisasi data capaian output dan realisasi anggaran periode Semester I Tahun 2024 telah berlangsung di El Hotel, Jakarta pada Jumat (28/6/2024) . Tujuan kegiatan ini untuk mendukung tercapainya kinerja yang baik pada Direktorat Kawasan, Perkotaan, dan Batas Negara.

Dalam sambutannya, Plh. Ditjen Bina Adwil, Dr. Drs. Amran, MT memberikan arahan mengenai pengendalian internal, pembahasan RPD, dan evaluasi kegiatan pengelolaan perbendaharaan serta anggaran. “Berdasarkan data dari sistem monitoring internal yang diambil baru-baru ini, realisasi anggaran Dit. Waskoban menunjukkan berbagai capaian, namun terdapat sisa anggaran yang memerlukan perhatian lebih lanjut," ujar Amran.

Rincian realisasi per subdirektorat menunjukkan adanya subdirektorat yang telah memenuhi target dan subdirektorat lainnya yang masih perlu meningkatkan kinerjanya. Dalam hal ini, Subdit Kawasan Khusus menunjukkan progres yang memuaskan, sedangkan Subdit Perkotaan & Fasilitasi Masalah Pertanahan serta Subdit BAN dan Pulau-Pulau Terluar masih perlu mengejar ketertinggalan dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

Tindak lanjut yang harus dilakukan mencakup peningkatan upaya untuk dua subdirektorat yang belum mencapai target RPD, percepatan realisasi anggaran, identifikasi hambatan yang menyebabkan rendahnya realisasi anggaran, serta percepatan pelaksanaan kegiatan yang telah direncanakan. Data kinerja periode Juni 2024 menunjukkan Dit. Waskoban belum mencapai target pada masing-masing IKK, sehingga diperlukan upaya segera untuk memenuhi capaian target kinerja pada masing-masing IKK.

“Data pokok dari masing-masing unit kerja eselon III/Pengampu harus disampaikan kepada TU Waskoban melalui platform yang telah disediakan secara berkala dan dalam format infografis/ diagram data. Hal ini akan menjadi dasar penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan kepada Pemerintah Daerah serta bahan masukan materi kepada Pimpinan untuk mengambil kebijakan, serta dasar penyusunan perencanaan ke depan sebagai rujukan atau instrumen kerja dalam melaksanakan kegiatan perjalanan dinas,” tegas Amran.

Dit. Waskoban telah mendapatkan alokasi anggaran yang signifikan untuk tahun 2025, tersebar di berbagai rincian output dan program utama. Persiapan penetapan pagu anggaran harus memperhatikan beberapa hal, termasuk mengecek kembali kegiatan yang terdaftar dan mempersiapkan dokumen pendukung yang diperlukan, serta meningkatkan rasio kegiatan utama yang berimplikasi langsung terhadap pencapaian target kinerja dan meminimalisir kegiatan pendukung yang bersifat rutinitas atau repetitif. Rapat ini diharapkan dapat memperkuat koordinasi internal dan memastikan realisasi anggaran serta kinerja Ditjen Bina Adwil sesuai target yang telah ditetapkan.