Hadir di Jambi, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Berikan Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi SIM LINMAS 

Hadir di Jambi, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Berikan Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi SIM LINMAS 

SHARE

Jambi – 

Sosialisasi Peningkatan SDM Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2022 sukses dilaksanakan oleh Satpol PP Provinsi Jambi dengan mengundang peserta Kasat Pol PP dan Kabid Linmas Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi pada Kamis (16/6/2022) di Aula Cahaya Prima, Kota Jambi. 

Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Kasatpol PP Provinsi Jambi Rahmad Hidayat, S.Sos, M.Si yang didampingi Kabid Linmas Provinsi Jambi Aguscik Andi, SH, MH, dan menghadirkan pembicara dari Kementerian Dalam Negeri Fadly Elwa Purwansyah, S.STP, ME selaku Kasubdit Linmas, Direktorat Pol PP dan Linmas, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan. 

Kasatpol PP Provinsi Jambi menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dapat memberikan manfaat dalam penyelenggaraan Trantibumlinmas di Provinsi Jambi. “Saya sangat berharap bahwa apa yang kita laksanakan hari ini dapat di implementasikan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, serta memberikan dampak yang maksimal dalam penyelenggaraan urusan ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat di Provinsi Jambi,” menurut Rahmat. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kasubdit Linmas Fadly Elwa Purwansyah, S.STP, ME yang pada intinya mensosialisasikan teknis penyelenggaraan pelindungan masyarakat, serta rencana strategis penyelenggaraan pelindungan masyarakat khususnya dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2024. 

“Keberadaan Satlinmas harus memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat, perannya yang vital dan strategis menjadikan Satlinmas sebagai organisasi masyarakat yang dipersiapkan dalam rangka membantu pemerintah pada skala desa/kelurahan. Belum lagi dalam rangka menyambut pesta demokrasi, anggota Satlinmas mulai sekarang harus dibekali keterampilan dalam rangka membantu penangan ketenteraman, ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan pemilu berlangsung,” papar Fadly. 

Di kesempatan yang sama, Fadly juga menyampaikan sosialisasi pemanfataan Aplikasi SIM LINMAS dengan tujuan untuk mempermudah aparatur bidang Linmas dalam memotret kondisi penyelenggaraan Trantibumlinmas di wilayahnya bertugas. 

“Hadirnya SIM LINNMAS merupakan wujud improvement guna menjawab tantangan transformasi digital untuk mengoptimalkan terlaksananya urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar Trantibumlinmas. Aplikasi SIM LINMAS sebagai inovasi terkini dipersiapkan dalam rangka mendukung penyampaian data dan laporan penyelenggaraan Trantibumlinmas pada skala desa/kelurahan, sehingga dalam hal ini Kami mendorong pemerintah daerah untuk bersama-sama mensosialisasikan pemanfaatan aplikasi SIM LINMAS dalam mendukung kinerja bersama,” jelas Fadly lebih lanjut. 

Fadly turut mengajak SIM LINMAS ini dimanfaatkan secara jangka panjang, sehingga perlu komitmen dan kerja sama yang baik kepada seluruh stakeholders guna mengoptimalkan tugas dan fungsi Satlinmas dalam penyelenggaraan Trantibumlinmas di tingkat desa/kelurahan.