Kementerian Dalam Negeri Berikan 4 Mobil Pemadam Kebakaran kepada Pemerintah Daerah

Kementerian Dalam Negeri Berikan 4 Mobil Pemadam Kebakaran kepada Pemerintah Daerah

SHARE

Jakarta – 

Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan menyerahkan 4 (empat) unit mobil pemadam kebakaran yang merupakan hibah dari The Africa Asia Development Relief Foundation of The Republic of Korea kepada 4 (empat) daerah, yaitu Kota Subulussalam, Kota Tanjungbalai, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Bima. 

Acara serah terima hibah tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Camat Tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. 

2 (dua) unit mobil pemadam kebakaran diserahkan langsung secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, kepada Wali Kota Tanjungbalai dan Wakil Bupati Serdang Bedagai. 

Sementara 2 (dua) unit mobil lainnya diserahkan oleh Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA, kepada Wali Kota Subulussalam dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bima. 

Acara serah terima tersebut turut dihadiri pula oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Indra Gunawan, serta Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Edy Suharmanto. 

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri menekankan pentingnya pemenuhan sarana prasarana pemadam kebakaran oleh Pemerintah Daerah dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas fungsi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, sehingga kualitas pelayanan masyarakat di bidang kebakaran dapat diberikan secara optimal. 

Menteri Dalam Negeri juga menegaskan bahwa proses hibah luar negeri haruslah menjunjung tinggi prinsip transparan, akuntabel, efektif dan efisien. 

Perlu diketahui bahwa mulai tahun 2018, Kementerian Dalam Negeri telah aktif menjalin kerja sama dengan pelbagai pihak donor dalam rangka fasilitasi hibah, diantaranya kerjasama dengan Donor Seoul Metropolitan Government (2018), Donor The Gyeonggi Provincial Government Korea (2019), Donor The Africa Asia Development Relief Foundation (2019), Donor Gyeonggi Provincial Fire and Disaster Headquarters Republic of Korea (2020), dan Donor The Africa Asia Development Relief Foundation of The Republic of Korea (2021). 

“Kerja sama ini diharapkan dapat terus berlanjut sebagai bentuk dukungan dan apresiasi kepada pemerintah daerah di Indonesia yang telah memprioritaskan penyelenggaraan trantibumlinmas sub urusan kebakaran,” ujar Muhammad Tito Karnavian. 

Lebih lanjut, menurut Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal ZA, jalinan kerja sama bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dengan para negara sahabat ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah pusat yang diwakili oleh Menteri Dalam Negeri, dalam melengkapi sarana dan prasarana dasar di daerah. 

“Penyelenggaraan hibah ini adalah bukti keseriusan pemerintah pusat dalam mendorong penyediaan sarana prasarana pemadam kebakaran yang layak di daerah. Sehingga pemenuhan layanan pemadaman, penyelamatan dan evakuasi dapat dilaksanakan secara maksimal,” papar Safrizal.