Pacu Kinerja Pelaksanaan Anggaran, Ditjen Bina Aadwil Sukses Gelar Rakor Bersama Ratusan Satker Daerah

Pacu Kinerja Pelaksanaan Anggaran, Ditjen Bina Aadwil Sukses Gelar Rakor Bersama Ratusan Satker Daerah

SHARE

Jakarta, 20/02/2023

Dalam rangka meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran  pada Satker Pusat dan Satker Pengelola Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2023, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan sukses menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Analisis dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 dan Langkah-langkah Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, yang diselenggarakan di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta pada 20 Februari 2023. 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Dr. Safrizal ZA., M.Si.  menyampaikan “Kita harus bekerja lebih keras dan lebih cerdas dari tahun 2022, kita harus mengenali dan menganalisis tantangan masa depan dan mengenali kelemahan-kelemahan di tahun yang sudah dilewati, dari situ kita ambil intisari untuk mengatur strategi yang efektif, efisien dan menjadi instrumen pemecahan masalah ( problem solver )".

Aktualisasi dari peran Gubernur selaku Wakil Pemerintah di harus benar-benar dimaknai dalam koridor penyelenggaraan sistem pemerintahan daerah. Hal ini selain peran Gubernur untuk memimpin seluruh  Kabupaten/Kota diwilayahnya, juga terutama sekali telah diberikan instrumen yang memadai, termasuk didalamnya penggunaan dana dekonsentrasi.

Sementara itu, dalam laporan realisasi anggaran tahun 2022,  realisasi Kantor Pusat mencapai 99,51%, Satker Dekonsentrasi yang terdiri dari 126 satker daerah mencapai 93,42%, dan Tugas Pembantuan mencapai 99,77% yang terdiri dari 2 Satker. 

"Total realisasi SP2D Ditjen Bina Adwil hanya bisa mencapai 97,92% oleh karena bersifat agregat dengan realisasi dana dekonsentrasi, oleh karena itu pelaksanaan dan penyerapan kegiatan yang bersumber dari dana dekonsentrasi menjadi vital baik dari segi administrasi maupun substansi program. Daerah tidak perlu ragu untuk meminta asistensi dan fasilitasi, kita kirim narasumber terbaik dari berbagai komponen di Kemendagri", tegas Safrizal.

Dalam forum tersebut mengemuka pula dua aspek penting lingkup teknis dalam penilaian anggaran. Pertama, aspek kinerja anggaran/serapan dan Kedua, aspek kualitas kinerja yang diukur melalui 8 Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). 

“Kita harus benar-benar merubah Mindset dan menggeser paradigma, dimana awal-awal tahun justru harus dipacu dan bukan berjibaku di triwulan akhir. Bakukan kinerja penyerapan Triwulan I minimal mencapai 15%, Triwulan II minimal target 50%, dan Triwulan III sampai September sudah mencapai 70%. Sehingga Triwulan akhir kita hanya evaluasi dan monitoring.”, sambung Safrizal. 

Forum Rakor ini sendiri diselenggarakan secara hybrid, dengan dihadiri secara langsung oleh 167 bendahara pengeluaran dari seluruh provinsi yang meliputi Satker Setda, Bappeda, Inspektorat dan  DPMPTSP serta dihadiri pula oleh 69 partisipan virtual.

 "Langkah-langkah strategis yang perlu dilalukan adalah segera lakukan identifikasi dan peta masalah, atur kegiatan sesuai target dan lakukan berdasarkan prioritas, rapikan tata administrasi keuangannya serta yang terakhir atur strategi, temukan solusi untuk kerja yang terus berakselerasi" tutup Safrizal. 

DITJEN BINA ADMINISTRASI KEWILAYAHAN
KEMENTERIAN DALAM NEGERI